Honda CRF150L vs KLX150BF

Halo semeton,beberapa hari yang lalu Honda mengeluarkan motor terbaru disegmen offroad. Pasti kalian tau kan? ok bli adit tidak akan mereviewnya lagi karena bli sudah mereview versi Thainya. Yang bli bahas kali ini adalah perbandingan KLX150BF dengan CRF150L. Motor ini sama-sama bermesin 150cc SOHC dengan suspensi USD (upside down). Namun perbedaan cukup banyak yaitu dari segi teknologi dan penggunaan beberapa parts. Ok mari kita ulas apakah CRF lebih baik dari KLX?

klx150bf_se_x_og
Screenshot_2017-11-09-19-51-45_com.instagram.android_1510228627448
2017-11-13_07-50-21

Dari segi mesin baru banyak perbedaan. Yang pertama dari kubikasi mesin, yup mesin KLX hanya berkubikasi sebesar 144cc sedangkan CRF besaran kubikasinya adalah 149,15cc. Itu cukup jauh dari segi bore x stroke. Untuk teknologi penyemburan bahan bakar KLX tetap menggunakan karburator sedangkan CRF sudah pakai PGM-FI nya, mungkin mulai saat ini klx harus berbenah dan jangan langsung terlena oleh kesuksesan KLX di Indonesia.

21122015-Moto-Kawasaki-KLX150BF_08
2017-11-12_03-45-07

Speedometer pun bli tidak luput membahas, kenapa karena speedometerlah yang kita sering lihat pada saat berkendara. Speedometer analg maupun digital itu sama saja. Malah speedo analog yang mempunyai harga cukup murah karena sistem kerja masih menggunakan mekanikal beda dengan digital yang sudah full menggunakan sensor. Dari speedo KLX masih menggunakan jarum kecepatan dan jarum bensin,serta didukung dengan lampu penunjuk netral,lampu jauh,dan sein. Bli bilang speedo KLX sangat basic terlepas dari fitur buat apa fitur bagus kalau kita juga lewat tanah hahahahah. Ok speedometer CRF sudah menggunakan digital dengan penunjuk kecepatan,bensin dan penunjuk jarak tempuh. well hampir sama cuma beda analog dan digital.

Lalu bagaimana suspensinya? untuk rasanya bli belum bisa menjawab karena blm dapat mencoba (Bali selalu belakangan). Untuk USD Klx menggunakan suspensi KYB (cmiiw) dengan lengan ayun belakang unitrack dengan 5 step penyetelan. Untuk Crf menggunakan shock depan showa dengan ukuran 37mm. Nah untuk arm alias lengan ayun belakang menggunkaan monoshock dengan prolink (semoga tidak patah kalau dipakai loncat) tanpa step pengaturan.

Ok cukup sekian dulu ya perbedaan KLX denga CRF.Semoga bisa mejadi refrensi bagi yang mau beli. Pesan dari bli adit untuk Kawasaki adalah jangan terlalu fokus pada sport hanya karena klx belum punya pesaing. Sekarang klx sudah punya pesaing dan segeralah berbenah dari segi teknologi agar tidak kehilangan konsumen klx.

yang diatas hanya opini doang ya . Jangan diangap serius, jangan lupa follow sosmed bli
FB: dewa adhitya
IG: @bli.adit
Twitter: @adit.bli
matur suksma

2 thoughts on “Honda CRF150L vs KLX150BF

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *